Halaman

Kamis, 08 November 2012

Manfaat Tumbuhan herbal


Manfaat Binahong Merah dan khasiat 
 
Binahong Merah - Saat ini mungkin banyak sekali tanaman yang mulai punah dan tanaman tersebut mungkin mempunyai manfaat dan khasiat lebih manjur daripada obat obatan medis, diantaranya adalah daun binahong merah dan daun sirih merah. Apabila penyakit sudah mulai menyerang dengan keadaan yang sangat terjepit, membutuhkan biaya dan lain sebagainya untuk perawatan medis, maka tanaman inilah obat alternatif untuk pencegahan dan pengobatan.
Perbedaan binahong hijau dan binahong merah dimana daunnya lebih lebar, batangnya besar, binahong hijau pembibitannya dengan menggunakan biji, pertumbuhannya juga lebih lambat sedangkan binahong merah dengan melalui stek, pertumbuhannya juga semakin lebih cepat dan keduanya tumbuh lebih subur pada tanah yang lembab.
Secara alami daun binahong merah dan binahong hijau merupakan jenis tumbuhan menjalar, berumur panjang (perenial), bisa mencapai panjang kurang lebih lima meter. Berbatang lunak, silindris, saling membelit, berwarna merah, bagian dalam solid, permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar.
Daunnya termasuk jenis tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata). Helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan licin, dan aman untuk dikonsumsi. Bunganya Binahong Merah majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, berbau harum. Akarnya berbentuk rimpang, berdaging lunak.


 Khasiat Daun Kelor
Khasiat Daun Kelor Secara umum dapat dikonsumsi karena mengandung gizi dan protein tinggi, banyak sekali manfaat kelor untuk kesehatan, manfaat tanaman kelor yaitu remasan daunnya dapat dimanfaatkan sebagai penutup luka. Khasiat Daun Kelor untuk wajah yaitu dapat digiling halus untuk dijadikan bedak penghilang noda dan flek di wajah / kulit. Kandungan kimia Akar kelor dan daun kelor (MORINGA OLEIVERA) mengandung zat yang berasa pahit , getir dan pedas, kandungan kimia biji kelor mengandung minyak dan lemak.
Manfaat dan Khasiat Daun Kelor untuk penyakit
Khasiat Daun Kelor untuk Sakit Kuning
3-7 gagang daun kelor, 1 sendok makan madu dan 1 gelas
air kelapa hijau
Daun kelor ditumbuk halus, diberi 1 gelas air kelapa dan disaring. Kemudian ditambah 1 sendok makan madu dan diaduk sampai merata.
Cara menggunakan: diminum, dan dilakukan secara rutin sampai sembuh.
Khasiat Daun Kelor untuk Reumatik, Nyeri dan Pegal Linu
2-3 gagang daun kelor, 1/2 sendok makan kapur sirih
Kedua bahan tersebut ditumbuk halus dan dipakai untuk obat gosok (param)
Khasiat Daun Kelor untuk Rabun Ayam
3 gagang daun kelor
Daun kelor ditumbuk halus, diseduh dengan 1 gelas air masak dan disaring. Kemudian dicampur dengan madu dan diaduk sampai merata. diminum sebelum tidur.
Khasiat Daun Kelor untuk Sakit Mata
3 gagang daun kelor;
Daun kelor ditumbuk halus, diberi 1 gelas air dan diaduk sampai merata. Kemudian didiamkan sejenak sampai
ampasnya mengendap. air ramuan tersebut digunakan sebagai obat tetes mata.
Khasiat Daun Kelor untuk Sukar Buang Air Kecil
1 sendok sari daun kelor dan sari buah ketimun atau wortel yang telah diparut dalam jumlah yang sama
Bahan-bahan tersebut dicampur dan ditambah dengan 1 gelas air, kemudian disaring, dan diminum setiap hari.
Khasiat Daun Kelor untuk Cacingan
3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai, 1-2 batang meniran
semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring, kemudian diminum.
Khasiat Daun Kelor untuk Biduren (alergi)
1-3 gagang daun kelor, 1 siung bawang merah dan adas
pulasari secukupnya;
semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring. diminum 2 kali sehari 1 gelas, pagi dan sore.
Khasiat Daun Kelor untuk Luka bernanah
3-7 gagang daun kelor;
daun kelor ditumbuk sampai halus.
Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian yang luka sebagai
obat luar.


 Khasiat Daun Mengkudu
Khasiat Daun Mengkudu - Buah mengkudu atau di jawa yang disebut dengan Pace memang lebih terkenal khasiatnya, dari pada daunnya. khasiat buah mengkudu bahkan sudah banyak yang dibuat ekstrak mengkudu dan dibuat kapsul / obat khasiat daun mengkudu sehingga yang membutuhkan tidak perlu repot untuk meracik sendiri, tanpa mengurangi khasiat dari buah mengkudu asli. Apalagi bagi yang tidak senang dengan bau dari buah mengkudu masak yang menyengat, kapsul mengkudu menjadi plihan yang tepat.
Khasiat Daun Mengkudu
Selain buahnya ternyata manfaat buah mengkudu yang punya nama latin Morinda Citrifolia pun mempunyai khasiat yang tak kalah hebat dibanding dengan buahnya, salah satunya menurut para leluhur dulu kandungan daun mengkudu adalah sebagai obat untuk pelangsing tubuh setelah dikombinasikan dengan bahan-bahan lain dengan cara dibuat minuman. Minuman tersebut tentu saja lebih bagus dibanding dengan obat karena alamiah karena tanpa melibatkan bahan kimia. Tentu saja terapi pengobatan dengan cara alamiah tidak secepat terapi secara kimia, oleh sebab itu diperlukan ketelatenan dan menyingkirkan rasa bosan untuk mengkonsumsi obat alamiah.
Bagi yang ingin mempunyai tubuh yang langsing tidak ada salahnya mencoba resep alamiah warisan leluhur kita
Sediakan:
Segenggam penuh daun mengkudu
Segenggam penuh daun kemuning jawa
Temu giring 1/2 jari kelingking
Jeruk nipis 1/2 butir
Cara membuat:
Tumbuk semua bahan tersebut menjadi satu sampai halus
Bahan yang telah ditumbuk tersebut kemudian diberi air matang satu gelas (200 cc), aduk sampai rata
Peras dengan kain untuk memisahkan air dengan ampasnya
Minumlah ramuan tersebut setiap pagi sebelum makan. Apabila Anda kurang suka dengan rasa sepatnya boleh ditambahkan sedikit madu.
Selain minum ramuan tersebut tentu saja ditunjang dengan pola makan yang benar, misalnya hindari makanan yang berlemak, berkarbohidrat tinggi, kebiasaan ngemil, makan sebelum tidur, minum minuman yang manis, minum alkohol.
Perbanyak makan sayur dan buah, kalau perlu kurangi makanan yang berkabohidrat tinggi, misalnya nasi diganti jagung atau ubi atau kentang, tidur yang cukup, serta tidak lupa olah raga yang teratur. Selamat mencoba, semoga Anda akan memperoleh tubuh yang langsing dan ideal dengan resep warisan nenek moyang kita sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar